Senin, 09 Desember 2013

Membuat Pas Foto Dengan CorelDraw

Artikel kali ini tentang tutorial membuat pas foto dengan corelDraw. Tutorial ini berfungsi saat anda mungkin tidak ingin repot untuk pergi ke studio foto hanya untuk melakukan foto untuk beberapa keperluan. Mari kita belajar membuat pas foto sendiri dengan contoh ukuran 4x6.


  1. Langkah pertama buka software CorelDraw versi berapa aja yang anda miliki. Disini saya menggunakan versi CorelDraw X5. Siapkan foto yang akan dijadikan pas foto.
  2. Pilih tool Rectangle Tool pada toolbox sebelah kiri atau bisa dengan menekan F6 pada keyboard untuk membuat kotak pada lembar kerja anda.
  3. Atur ukuran kotak yang telah anda buat dengan merubah properties ukurannya seperti pada gambar berikut. Karena kita menggunakan satuan ukuran adalah mm maka kita buat 40 mm dan 60 mm karena 1 cm = 10 mm.
    ukuran lembar kerja
  4. Jika sudah, lalu kita import foto anda yang paling tampan untuk dijadikan pas foto, caranya pilih file > Import > pilih foto yang diinginkan.Saya memakai foto random dari mbah google.
    foto diambil secara random
  5. Lalu kita gunakan fungsi power clip dari CorelDraw. Caranya dengan klik foto yang akan diedit lalu pilih effect > power clip > place inside container... Lalu klik kotak, dan kita lihat apa yang terjadi.... bukan sulap buka sihir, foto anda masuk kedalam kotak yang telah anda buat.
  6. Sekarang tinggal sedikit sentuhan lagi pada foto untuk dijadikan pas foto. Klik kanan pada foto lalu pilih edit contents.sesuaikan foto dengan kotak yang telah dibuat, setelah selesai klik finish editing object di sebelah kiri bawah layar monitor anda. Hasilnya :
  7. Sebuah pas foto ukuran 4x6 yang siap dicetak.
  8. Langkah terakhir adalah memperbanyak atau menggandakannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda dengan cara copy paste-kan saja hasil foto foto yang selesai dibuat tadi,
    hasil jadi pas foto
Semoga artikel membuat pas foto dengan CorelDraw dapat membantu anda untuk memecahkan masalah anda yang telah lama terbenam di benak anda. :) Jangan lupa untuk belajar tentang tutorial lainnya di Grafis City. Dan tetap semangat untuk belajar desain grafis.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam,
gan knp ya sy coba step no 5 kotaknya kosong aja, tp potonya jg ilang.. trus stelah sy aktifkan kotak kosong itu trus klik kanan edit contens eh pitinya muncul lg? gmn tuh... mhn bantuannya, thx ya

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Copyright © 2012. GrafiSity™ | Tutorial CorelDraw - All Rights Reserved Supported by SUM UNITE™