Kamis, 05 Desember 2013

Definisi Pengertian Corel Draw

Corel Draw Logo

CorelDraw adalah sebuah software komputer yang melakukan pengolahan dan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki fungsi untuk mengolah dan mengedit gambar, oleh karena itu banyak orang yang menggunakan untuk menunjang pekerjaan dalam bidang publikasi, percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Keunggulan Software Corel Draw

Suatu software yang mumpuni tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan sebagai senjata utamanya. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:

  • Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah yang hasilnya tidak akan blur atau pecah.
  • Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya. Karena tool-toolnya yang sangat terintegrasi memudahkan kita langsung menemukan tujuan dan maksud kita untuk mengolah gambar.
  • Corel Draw sangat penting untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, bahkan bisa melebihi Adobe Potoshop , tentunya dengan teknik yang baik.
  • Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang dibagikan oleh pengguna lain.
Kekurangan Software Corel Draw
  • Software ini memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’. Maka dari itu spesifikasi hardware mungkin harus high end.
  • Dalam mrngeksport file gambar yang telah jadi ukurannya cukup besar, tapi tidak perlu khawatir karena di Corel Draw kita dapat mengatur ukuran file sedemikian rupa walaupun membuat gambar tersebut menjadi pecah bila di zoom..
Sofware Corel Draw memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
  • Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna walaupun software ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar 3D.
  • Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Namun ingat Anda harus menginstall font-font yang Anda perlukan untuk menunjang kinerja anda di Corel Draw, sehingga dapat memudahkan Anda dalam mendesain untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  • Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas dan tajam.
  • Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

4 komentar:

Muhammad Abdul Ghofur mengatakan...

Terimakasih ya gan atas materinya tentang Pengertian CorelDraw sangat membantu sekali
Download Macam-macam Aplikasi
Kumpulan Materi TIK, TKJ, dan Perguruan Tinggi
Kuumpulan Soal-soal TIK dan TKJ

bimtek mengatakan...

Dijaman sekarang ilmu desain grafis semakin bermanfaat dan punya peranan penting. Tulisan diatas sudah sedikit banyak membantu untuk menambah wawasan tentang seluk beluk desain. terimakasih dan salam kenal mas zaki

Unknown mengatakan...

good

Unknown mengatakan...

Good job

Posting Komentar

◄ Posting Baru
 
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Copyright © 2012. GrafiSity™ | Tutorial CorelDraw - All Rights Reserved Supported by SUM UNITE™