Senin, 16 Desember 2013

3 Cara Gabungkan Objek di CorelDraw

Grafisity | Untuk menggabungkan atau menyatukan sebua objek dengan objek yang lainnya di CorelDraw ada 3 cara dasar yang wajib anda ketahui dan dipraktekkan. ketiga cara ini sebenarnya sangat mudah dan digunakan sesuai kebutuhan yang diperlukan. Ketiga cara tersebut adalah Combine, Group, dan Weld. Ketika cara ini sering digunakan sebagai tahap akhir dari setiap desain masing-masing objek yang telah dibuat. Untuk mengetahui caranya simak tutorial yang saya informasikan sebagai berikut.

1. Combine

Cara Combine Coreldraw

Untuk melakukan Combine terhadap sebuah objek misalkan gambar atau teks anda cukup melakukan dengan menekan SHIFT + klik beberapa objek yang diinginkan, lalu klik kanan pilih Combine. Anda juga bisa melakukannya dengan cara beberapa objek yang diinginkan di blok atau diseleksi kemudian klik kanan pilih Combine. Fungsi Combine ini adalah untuk membuat sebuah lubang pada objek dan objek yang sering digunakan adalah lingkaran untuk membuat sebuah ring atau cincin. Seperti contoh gambar diatas terdapat lubang hasil objek kotak dan lingkaran pada objek segi lima.

2. Group

cara group coreldraw

Untuk melakukan Group caranya sama persis dengan tahap saat melakukan Combine terhadap beberapa objek. Hanya dengan menyeleksi beberapa objek yang diinginkan lalu klik kanan pilih Group atau menggunakan shortcut dengan menekan CTRL + G dalam keadaan dua atau lebih objek terseleksi. Untuk membatalkan hasil Group yang sudah anda lakukan cukup dengan menekan CTRL + Z atau dengan CRTL + U saat tidak dapat lagi untuk melakukan Undo terhadap lembar kerja anda. Fungsi Group ini tidak akan merubah bentuk dan warna dari objek itu sendiri seperti terlihat pada gambar diatas.

3. Weld

cara weld coreldraw

Weld ini berfungsi untuk menggabungkan dan menyatukan beberapa objek untuk menjadi sebuah objek yang baru ddengan cara menyambung garis-garis tepi objek. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk membuat sebuah desain yang unik dan memiliki unsur keindahan. Untuk menggunakan cara ini sangat mudah yaitu dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya yaitu menyeleksi beberapa objek dan pilih Weld di tool bagian atas. Untuk membatalkan Weld yang telah anda buat dapat dilakukan dengan cepat yaitu dengan menekan CTRL + Z. Cara standart memang.

Dari ketiga cara diatas sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk menggunakannya dan cara diatas dapat dilakukan terhadap semua tipe objek yang didukung CorelDraw. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Copyright © 2012. GrafiSity™ | Tutorial CorelDraw - All Rights Reserved Supported by SUM UNITE™